RSS

Welcome to Sisca's World
Hope you enjoy reading.

Kamis, 19 Juli 2012

BIA HSPMTB

Sekilas Tentang BIA HSPMTB
Bina Iman Anak atau yang disingkat dengan BIA merupakan suatu kegiatan rutin yang diadakan oleh Gereja untuk memupuk serta meningkatkan iman anak-anak. Biasanya BIA kita sebut sebagai sekolah minggu. Namun untuk menghindari kejenuhan anak-anak akan sekolah, sehingga nama "sekolah minggu" kini diganti dengan sebutan BIA. BIA HSPMTB, merupakan BIA yang berada dibawah Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Tangerang. Entah sudah berapa lama saya berada disini, sekitar 2 tahun. Dalam 2 tahun (mungkin lebih) yang singkat ini, banyak sudah suka duka yang melingkupi sebagai pengajar maupun sebagai badan pengurus. Jumlah anak yang sangat banyak untuk ukuran BIA dengan total anak dari kelas pra-TK-TK hingga kelas 3 SD berkisar 160 anak. Jumlah ini terlampau besar bila harus ditangani oleh sekitar 18 pengajar, itu pun pengajar yang hadir tiap minggunya berkisar 10 orang. Hal ini masih lebih baik jika sedikit flashback bahwa banyak laskar-laskar Kristus yang bergerak dalam pelayanan ini mundur dan menghilang hanya dalam waktu yang singkat. Sungguh hal ini menjadi sebuah ironi dimana disaat Gereja menginginkan pondasi iman yang baik untuk anak-anak, anak-anak pun butuh bimbingan serta orangtua yang menginginkan anak-anak mereka bertumbuh dan berkembang dengan baik namun tidak diimbangi oleh kualitas dan kuantitas dari para pelayan.

BIA diawal saya bergabung (foto saat kenaikan kelas, terpilih menjadi koordinator TK)

Kunjungan pertama ke Frateran Xaverian (foto bersama di bantaran Sungai Cisadane)

Raker pertama yang saya ikuti di Anyer, terpilih menjadi Sekretaris BIA untuk 2 tahun berikutnya.

PASKAH ANAK 2012, Melayani dengan hati

Suka dan Duka
Melayani di BIA HSPMTB sungguh banyaklah suka jika dibandingkan duka. Apalah artinya duka jika telah melihat senyum keceriaan dan kebahagiaan anak-anak? Semua duka rasanya hilang sudah. Kepolosan anak-anak, keceriaan, kebahagiaan serta ketulusan yang terpancar dari merekalah yang justru sebaiknya kita teladani. Bagaimana ketulusan mereka untuk berdoa dan memuji Tuhan dengan sepenuh hati, datang dan mengikuti sekolah minggu untuk kemuliaan Tuhan mereka lakukan dengan keceriaan yang mereka miliki untuk bernyanyi dan menari. Kepolosan mereka dan rasa ingin tahu mereka yang besar akan iman. Serta kebahagiaan untuk berkumpul bersama teman-teman seiman. Mungkinkah hal-hal seperti ini masih kita miliki disaat kita dewasa?
Duka yang mungkin amat sangat dirasakan adalah kurangnya personil. Kesibukkan diluar MG memang tak dapat dielakkan, maka dari itu melalui blog ini saya mengajak teman-teman untuk mau bergabung bersama kami melayani di Minggu Gembira, silahkan datang setiap Minggu pukul 08.30 di Aula Santa Maria Lt.3. Tuhan memberkati.
kegiatan rutin, peragaan gerak dan lagu

PASKAH ANAK 2012

Program Kerja BIA HSPMTB tahun 2012
Mulai dari Bulan Juni 2012, semua program kerja MG (nama lain BIA HSPMTB: Minggu Gembira, disingkat MG) akan diserah tugaskan kepada pembina-pembina MG, sehingga menjadi lebih teratur. Tugas-tugas tersebut diserahkan langsung oleh Koordinator BIA, yaitu Sdr. Deva (panggil saja Ko Deva). Dimulai dari bulan Juni yang lalu yaitu Lomba Mewarnai untuk anak-anak TK hingga kelas 3 SD Se-Tangerang, bukan lagi tingkat Paroki. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Perayaan Ulang Tahun Gereja yakni TALUS diketuai oleh Sdri. Metha dan telah berjalan dengan sukses. Dilanjutkan oleh proker-proker selanjutnya yakni Ziarah Rekreasi, Pelatihan alat peraga, 17 Agustusan, Minggu Misi, Raker, TOT, Baksos, Bazaar dan Festival Anak, Natal Anak, serta mungkin beberapa proker yang terlewat untuk saya sebutkan disini. Masih banyak program-program kerja yang menanti berlanjutnya kesuksesan Lomba Mewarnai. Tuhan Memberkati semua kakak-kakak pembimbing sehingga dapat selalu melayani adik-adik dengan sepenuh hati.

Berikut beberapa kegiatan yang kami jalani di Minggu Gembira:

Mewarnai gambar

 Bimbingan

 mewarnai gambar

 pendampingan

 hasil kreativitas

Cerita/ Firman Tuhan

Menggunakan boneka tangan sebagai alat peraga

Membuat kreativitas 

Menerima berkat dari prodiakon

0 komentar:

Posting Komentar