RSS

Welcome to Sisca's World
Hope you enjoy reading.

Kamis, 30 Agustus 2012

Puisi Esai, apa itu?

Print screen dari website puisi-esai.com ini sangat menarik, sederhana tapi elegan.

So, kemarin gue ga tau dapet link darimana meluncur ke sebuah website http://puisi-esai.com/ miliknya Kang Denny JA. Sepertinya, puisi esai ini akan menjadi sebuah aliran baru dalam dunia puisi *atau sudah ya? hehe. Ketertarikan atas puisi esai muncul ketika di homepage tersebut ada sebuah komentar Bpk. Sapardi Djoko Damono - penyair favorit gue nih. Alhasil gue baca tentang Lomba Puisi Esai yang diadakan melalui web ini, hmm tertarik juga. Tapi, apa sih puisi esai itu? Kok di syaratnya ada penokohan, alur dan latar. Kok seperti bikin cerpen ya? Ada juga catatan kaki, loh, malah jadi seperti esai? hehe.
Singkatnya, puisi esai bisa dibilang puisi pintar karena puisi esai ini memiliki latar belakang diskriminatif, dalam hal ini berkaitan dengan situasi sosial, misalnya nih tentang tragedi Mei 1998 yang tertuang dalam puisi esai karya Kang Denny JA yang berjudul Sapu Tangan Fang Yin. Selain itu juga bisa mengangkat tentang diskriminasi sosial, ras, agama dan sebagainya yang terjadi. Hmm, terkesan serius yah? Puisi esai ini merupakan puisi yang panjang, seperti esai tetapi menggunakan bahasa-bahasa komunikatif seperti pada puisi umumnya.

Nah, ditinjau dari penokohan, puisi esai ini bisa menggunakan tokoh fiktif ataupun tokoh yang real. Umumnya tokoh fiktif dengan latar belakang sosial karena tokoh fiktif lebih mudah untuk dikembangkan karakternya dan pastinya ga perlu tambahan referensi untuk mencari data-data terkait tokoh real. Masih bingung?

Oke, sekarang kita bahas alur. Kenapa puisi esai butuh alur? Seperti yang sudah ditulis diatas kalau puisi esai itu panjang, seperti cerpen dan seperti esai juga, jadi puisi esai butuh alur supaya dalam membaca puisi esai ini tidak bosan. Alur yang mengalir dapat membius pembaca untuk masuk ke dalam latar belakang yang dikisahkan dalam puisi tersebut.

Nah, udah jelas kan puisi esai itu apa? :)
.
.
.
.
.
Hah? masih belum jelas? Oke kalau gitu baca aja langsung info lengkapnya disini : Puisi Esai, Apa dan Mengapa karya Kang Denny JA
Kalau sudah mengerti dan ingin ikut lomba menulis puisi esai, silahkan saja klik disini: Lomba Menulis Puisi Esai Sssst, total hadiahnya 50 Juta Rupiah loh, ikutan yuk
Nah, kalau mau lihat karya-karya puisi esai milik kang Denny JA, monggo langsung aja klik http://puisi-esai.com/

Selamat Berkarya

***************

0 komentar:

Posting Komentar