RSS

Welcome to Sisca's World
Hope you enjoy reading.

Selasa, 23 Oktober 2012

Perahu Kertas (Sebuah Inspirasi)



Pastinya semua tau kan film Perahu Kertas yang diperankan oleh Maudy Ayunda dan Adipati Dolken dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo? Pastinya juga tau dong kalau film Perahu Kertas ini diangkat dari novel karangan Dewi Lestari yang juga berjudul Perahu Keras? Udah tau kan ceritanya jadi saya ga perlu bocorin lagi ceritanya. Hahaha.
Nah, tapi kali ini saya ga mau bahas novel ataupun film Perahu Kertas yang saya sebutkan diatas.

"Jadi, perahu kertas yang mana?"


Hahaha. Sabar dong. Ada satu karya lagi yang terinspirasi oleh perahu kertas, jadi ternyata perahu kertas itu sumber inspirasi yah. Many things can be our inspiration. Inspirations come from everywhere, everytime to everyone. Kalian tau ga puisi berjudul Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono?

"Emang ada? Siapa tuh Sapardi Djoko Damono"

Aduh, ga gaul deh ._____. yang pasti sih Sapardi Djoko Damono (read: SDD) itu penyair favorit saya, puisi-puisi nya banyak menginspirasi dan ... indah banget. Terkadang bahasa yang beliau gunakan adalah bahasa-bahasa sederhana, bahasa sehari-hari, namun indah dan tetap membutuhkan pikiran yang baik untuk memahaminya. Kata-kata sederhana itu kadang langsung tepat sasaran, langsung menyentuh yang memang seharusnya disentuhnya. Begitu juga yang tergambar dalam puisinya yang berjudul Perahu Kertas, berikut puisinya:


PERAHU KERTAS

Oleh :

Sapardi Djoko Damono


Waktu masih kanak-kanak kau membuat perahu kertas dan kau layarkan di tepi kali; alirnya Sangat tenang, dan perahumu bergoyang menuju lautan.


"Ia akan singgah di bandar-bandar besar," kata seorang lelaki tua. Kau sangat gembira, pulang dengan berbagai gambar warna-warni di kepala.


Sejak itu kau pun menunggu kalau-kalau ada kabar dari perahu yang tak pernah lepas dari rindu-mu itu.


Akhirnya kau dengar juga pesan si tua itu, Nuh, katanya,


"Telah kupergunakan perahumu itu dalam sebuah banjir besar dan kini terdampar di sebuah bukit."



Perahu Kertas,

Kumpulan Sajak,

1982.

***

Sebuah dedikasi untuk Sapardi Djoko Damono



0 komentar:

Poskan Komentar